Cara Paling Mudah Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula

Cara Paling Mudah Optimasi SEO Onpage Untuk PemulaBisoNET - Dalam membangun sebuah Blog, tak lengkap rasanya bila tidak membahas tentang SEO, SEO merupakan teknik yang harus dikuasai oleh setiap pengguna Blog apabila menginginkan Blog mereka berada di jajaran teratas dalam hasil pencarian (SERP). dengan berada diurutan teratas dalam hasil pencarian otomatis lebih banyak peluang orang yang mengunjungi Blog kita.

Dalam penerapanya, tidak semua orang mampu menerapkan Teknik SEO di Blog mereka dengan baik, malah dalam beberapa kasus terkadang penerapan SEO yang salah berimbas buruk bagi Blog mereka sendiri dan hasilnya bukan malah peringkat Blog yang naik namun justru turun drastis dan akibat terburuknya Blog akan diabaikan oleh mesin pencari karena kesalahan dalam menerapkan teknik SEO yang benar.

Teknik SEO sendiri terbagi menjadi dua, yakni SEO Onpage dan SEO Offpage. Kedua elemen ini sangatlah penting dan wajib dikuasai oleh para Blogger mengingat dampak yang sangat besar bila dilakukan dengan benar, bagi kita yang pemula mungkin tidaklah terlalu sulit menerapkan kedua teknik SEO tadi asalkan kita tahu cara penerapanya dengan benar.

Kali ini kita fokus terlebih dahulu dengan teknik yang pertama yaitu teknik SEO Onpage, teknik optimasi yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat dan trafik sebuah situs/Blog yang dilakukan dari dalam situs/blog atau saya menyebutnya (internal optimization). Bagi saya SEO Onpage tidak melulu optimasi pada artikel, namun tampilan Blog pun berpengaruh cukup besar dalam menentukan keberhasilan penerapan optimasi SEO Onpage di Blog.
Baca juga : Cara agar URL halaman statis sesuai dengan judulnya.
Lantas seperti apa cara yang benar dalam menerapkan teknik SEO Onpage di Blog khususnya bagi kita yang masih pemula :

Cara mudah Optimasi SEO Onpage yang benar untuk pemula :

1.  Desainlah Blog Anda dengan Baik
Kenapa desain Blog yang baik termasuk dalam kategori SEO Onpage? Sederhana, desain Blog yang baik dan juga rapi dapat membuat pengunjung Anda merasa nyaman dan juga betah berkunjung di Blog Anda, ini termasuk pemilihan Template, pemasangan widget yang tepat serta pemilihan warna.
Baca juga : Cara mudah membuat Blog Gratis.

2. Perhatikan Kuantitas dan Kualitas Artikel Blog
Dengan meyajikan artikel yang banyak dan berkualitas, maka pengunjung Anda akan merasa senang karena Blog yang dikunjunginya memiliki banyak variasi artikel yang berkualitas dan tentunya akan berdampak baik pada Blog Anda.

3. Buatlah Navigasi Blog yang Baik dan Tepat
Navigasi disini maksudnya adalah semua hal yang mengarah pada isi dari Blog Anda, hal itu termasuk seperti membuat menu navigasi Blog, membuat link yang saling terkait, bredcrumbs, serta menyediakan kotak pencarian, pada dasarnya hal ini bertujuan agar pengunjung lebih mudah menemukan isi/ konten dari Blog milik Anda.

4. Perhatikan Kecepatan Loading Blog Anda
Lamanya proses loading suatu Blog mengakibatkan pengunjung jadi malas berlama-lama di Blog Anda, dengan memperhatikan kecepatan loading Blog maka pengunjung akan merasa senang karena mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengakses Blog Anda, padahal pada dasarnya akses internet di Indonesia cukup lambat.

5. Buatlah Judul Artikel yang menarik
Saat pertama kali pengunjung memutuskan mengunjungi situs Anda adalah karena mereka melihat dan merasa tertarik pada judul artiklel dari Blog Anda terlepas dari baik tidaknya kualitas dari artikel Anda, buatlah artikel dengan judul semenarik mungkin dan mengundang rasa penasaran dari pengunjung Blog Anda.

6. Pasang Meta Tag yang diperlukan
Memasang meta tag memungkinkan robot merayapi semua informasi dari Blog Anda dengan lebih baik, pasanglah meta tag yang sekiranya di butuhkan oleh Blog kita seperti Meta Description dan Meta Keyword serta Meta tag verifikasi kepemilikan situs seperti Google Webmaster Tools.
Baca juga : Cara daftar dan verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

7. Penempatan Kata Kunci yang tepat
Tempatkanlah kata kunci yang Anda targetkan dengan benar, sebaiknya letakan kata kunci di artikel tepatnya di judul artikel, awal, tengah dan akhir postingan, jangan terlalu banyak memasang kata kunci dalam satu artikel karena akan dianggap melakukan SPAM oleh mesin pencarian.

8. Optimalkan penggunaan Internal dan Eksternal Link
Internal link digunakan untuk menghubungkan antar postingan, sementara Eksternal link adalah link yang mengarah keluar dan menghubungkanya dengan situs yang lain, manfaatkan penggunaan kedua jenis link tersebut agar pengunjung mudah menemukan kaitan dari postingan yang sedang dibaca.

9. Jangan lupa Optimalkan Gambar
Gunakan title teks dan alt tag untuk setiap gambar di artikel Anda, hal ini membantu memperkuat kata kunci dari artikel yang Anda buat, title tag dan alt tag adalah judul dan deskripsi dari gambar yang muncul pada saat kursor diarahkan pada gambar.

Cara Paling Mudah Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula

10. Aktifkan Meta Deskripsi dan Gunakan Deskripsi Penelusuran
Ketika kita mengaktifkan fitur meta deskipsi di Blog maka secara otomatis Deskripsi penelusuran akan muncul setiap kali kita membuat artikel, Meta deskripsi digunakan untuk menempatkan deskripsi dari Blog Anda, sedangkan Deskripsi penelusuran berguna untuk menempatkan deskripsi dari judul artikel yang kita buat, manfaatkan sebaik mungkin fitur ini karena deskripsi bisa juga sebagai rujukan kedua setelah judul artikel.

11. Terakhir, Buatlah Permalink yang SEO Friendly
Permalink (Tautan permanen) merupakan tautan atau alamat URL dari artikel yang kita buat, buatlah permalink yang baik dan SEO Friendly usahakan berisi kata kunci artikel yang dibuat, Jangan buat permalink yang terpotong karena akan mengakibatkan artikel yang kita buat kurang SEO Friendly
Misalnya : http://biso-net.blogspot.com/2015/05/cara-paling-mudah-optimasi-seo-onpage.html
Jangan buat Permalink terpotong seperti diatas karena kurang SEO Friendly.
http://biso-net.blogspot.com/2015/05/cara-paling-mudah-optimasi-seo-onpage-untuk-pemula.html
Buatlah Permalink seperti ini karena lebih SEO di hasil pencarian nanti.

Cara Paling Mudah Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula

Itulah tadi beberapa cara paling mudah optimasi SEO Onpage untuk pemula yang bisa Anda diterapkan di Blog Anda, dengan menerapkan teknik SEO Onpage yang benar diharapkan Blog mampu bersaing dengan Blog yang lain di hasil pencarian, cara diatas adalah sedikit dari sekian banyaknya teknik SEO yang ada, teruslah pelajari berbagai teknik SEO namun perlu diingat jangan sembarangan dalam menerapkanya di Blog. Karena nantinya bukan malah menguntungkan Blog namun justru berdampak buruk bagi Blog Anda.
Terima kasih dan Semoga berhasil !

( Baca juga : Cara mudah membuat Blog Gratis di Blogger)
18 Komentar untuk "Cara Paling Mudah Optimasi SEO Onpage Untuk Pemula"

lumayan nih.. nambah ilmu seo. thanks gan

sama-sama gan, terima kasih telah berkunjung..

informasi yang lengkap gan.....
sukses selalu

soo good, numpang info:

penawaran menarik ebook seo, untuk mengembangkan bisnis online anda lewat blog dengan optimasi,dapatkan segera, mumpung ada diskon ... hanya di http://yuk.bi/t1d1c8

thanks sharingnya.. pembahasannya detail.
www.bluemild.com

infonya mantap, mudah dimengerti...makasih ilmunya gan ...super top

Sama-sama gan, makasih udah mampir!

Lengkap sekali gan tips untuk optimalkan blog ke mesin pencari cocok buat pemula seperti saya

Siip gan info cara mudah optimasi on page nya , siap praktekin , teng kyu

Iya gan, sama-sama semoga bermanfaat

Mantap banget gan tipsnya. Ane coba terapin di web ane (http://webmurah.co.id) moga-moga berhasil.

Thanks gan.

Iya gan, sama-sama. Monggo diterapin caranya!

sangat bermanfaat. Tapi saya masih nol besar. Harus banyak belajar

http://pemudamenulis.blogspot.co.id/2016/07/pokoknya-menulis.html

:D terkadang susah juga meraktekinnya lewat hp java, haduh susahnya minta ampun di bcepot.

PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL tersedia deposit via OVO dan PULSA TELKOMSEL serta XL


Contact Us

Website : SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ
Blog : Artikel SahabatQQ
Daftar SahabatQQ

Silahkan Berkomentar, namun hargai Blog ini dengan cara :
1. Berkomentar yang relevan sesuai dengan topik diatas.
2. Jangan pernah menyisipkan Link Aktif karena dianggap SPAM.
Terima kasih atas pengertianya dan telah berkunjung!

Back To Top