Cara Terbaru Membuat Akun Gmail Lengkap

Cara Terbaru Membuat Akun Gmail LengkapBisoNET - Gmail merupakan layanan surat elektronik (surel) yang dimiliki oleh Google. Gmail pertama kali diluncurkan pada 1 April 2004, pada awal kemunculanya itu Gmail sempat mengejutkan dunia dengan menyediakan layanan penyimpanan awal sebesar 1 GB,
yang bisa dibilang kapasitas yang sangat besar mengingat pada saat itu para pesaingnya hanya menyediakan kapasitas penyimpanan hanya sebesar 2-4 MB saja.

Seiring berjalanya waktu kapasitas penyimpanan layanan Gmail terus diperbaiki dan diperbesar hingga saat ini kapasitas yang dulunya 1 GB yang terbilang besar, dan kemudian bertambah menjadi 7 GB dan sekarang ditambah lagi sampai menjadi 15 GB, coba bayangkan kapasitas sebesar itu bisa kita manfaatkan untuk berkirim dan menyimpan surat elektronik sampai ratusan bahkan bisa ribuan kali.
Baca juga : Cara mudah Optimasi SEO Onpage untuk pemula.

Sampai saat ini layanan surat elektonik Gmail diakui memiliki kapasitas penyimpanan terbanyak melebihi penyedia layanan surat elektronik yang lain seperti Yahoo maupun Hotmail. Fungsi utama dari email sendiri adalah sebagai Media Komunikasi online, mengirim pesan teks atau file multimedia berupa gambar maupun video, membuat akun di sosial media, sebagai sarana promosi dan bisnis, bahkan beberapa perusahaan besar menyediakan membuat lamaran pekerjaan lewat email.
Baca juga : Cara agar URL halaman statis sesuai dengan judulnya.

Tak hanya itu bagi para Blogger layanan Gmail ini sangat berguna dan wajib memiliki email dari layanan ini apabila mereka ingin membuat sebuah Blog khususnya di Blogger.com, mengingat Blogger telah diakuisisi oleh Google maka secara otomatis mereka terlebih dahulu harus punya Gmail jika ingin membuat Blog. ( Baca : Cara mudah membuat Blog Gratis di Blogger )
Bagi kalian yang saat belum punya dan ingin membuat surel dari Gmail. Berikut akan kami sajikan tutorial lengkap cara membuat email baru di Gmail :

Langkah-langkah membuat Gmail Lengkap :

1. Silahkan Anda buka alamat berikut, https://mail.google.com.
2. Setelah itu terdapat formulir pengisian data yang harus Anda isi, seperti gambar di bawah ini :

Cara Terbaru Membuat Akun Gmail Lengkap
Keterangan pengisian data :
  • Nama : Isi dengan Nama Depan dan Nama Belakang Anda. 
1. Apabila nama Anda terdiri dari 3 suku kata, misalnya Ahmad Sukijan Lopez, maka cara pengisianya adalah dikolom pertama (nama depan) isi dengan Ahmad, kemudian dikolom kedua (nama belakang) isi dengan Sukijan Lopez.
2.  Apabila nama Anda terdiri dari 1 suku kata, misalnya Sujiman, maka cara pengisianya adalah dikolom pertama (nama depan) isi dengan Sujiman, kemudian dikolom kedua (nama belakang) bisa di isi dengan dengan nama belakang bapak atau bisa juga dengan tanda minus ( - ).
  • Pilih nama pengguna Anda : Isi dengan nama pengguna Anda.
Nama pengguna nantinya digunakan sebagai Alamat email Anda, pilih nama pengguna seunik mungkin atau bisa juga disesuaikan dengan nama depan dan belakang Anda tadi tapi tidak harus sama, bila terdapat peringatan seperti 'Nama pengguna tersebut sudah digunakan orang lain. Coba yang lain?' itu berarti Nama pengguna yang Anda pilih sudah terlebih dahulu dipakai orang lain dan Anda harus menggantinya.
  • Buat sandi : Masukan password/kata sandi Anda.
Buatlah kata sandi serumit mungkin yang hanya Anda dan Tuhan yang tahu(ciyee), minimal berisikan 8 karakter, dan sebaiknya kata sandi mengandung gabungan karakter angka, huruf besar atau kecil dan juga simbol supaya keamananya lebih kuat, biasanya ditandai dengan indikator yang berwarna hijau.
  • Konfirmasi sandi Anda : Masukan kembali password/kata sandi yang tadi telah Anda buat.
  • Tanggal Lahir : Silahkan isi dengan tanggal, bulan serta tahun Kelahiran Anda.
  • Gender : Silahkan pilih jenis kelamin Anda.
  • Ponsel : Silahkan Isi dengan nomor ponsel Anda yang masih aktif.
  • Alamat email Anda saat ini : Silahkan isi jika Anda memiliki alamat email lain (optional).
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot : Berisi gabungan teks atau angka rumit yang digunakan untuk membuktikan apakah Anda mendaftar sebagai (real human) manusia atau robot.
Pada kotak 'Lewati verifikasi ini (mungkin dibutuhkan verifikasi telepon)', silahkan centang bila Anda yakin ingin memverifikasi akun Gmail Anda lewat telepon, tapi jika tidak abaikan saja.
  • Lokasi : Tentukan Lokasi atau Negara tempat Anda tinggal.
Cara Terbaru Membuat Akun Gmail Lengkap

Jangan lupa dibawah kolom Lokasi, terdapat teks seperti 'Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google', silahkan Anda centang.
3. Setelah semua Langkah diatas telah Anda isi dengan benar, maka selanjutnya silahkan klik tombol 'Lanjutkan Berikutnya'.
4. Kemudian Anda akan dibawa ke halaman yang menyatakan bahwa Anda telah berhasil membuat alamat email dari Gmail, seperti gambar di bawah ini :

Cara Terbaru Membuat Akun Gmail Lengkap

Silahkan Anda klik tombol 'Lanjutkan ke Gmail'.
Setelah itu tunggu sampai proses loading email selesai, kemudia terdapat pesan yang berjudul 'Biarkan Gmail yang bekerja'. Silahkan buka atau Anda juga bisa mengabaikanya.
4. Selesai dan selamat Anda telah berhasil membuat Akun Gmail Anda sendiri.
NB : Bagi Anda yang tadi menyentang opsi verifikasi lewat telepon biasanya akan terdapat pemberitahuan seperti gambar dibawah ini :

Cara Terbaru Membuat Akun Gmail Lengkap

Jika dalam pengisian data tadi Anda telah mengisi nomor Ponsel Anda, maka biasanya dalam waktu kurang dari 15 menit Anda akan menerima SMS kode verifikasi berupa kombinasi angka dari pihak Google kurang lebih seperti ini ' Kode Verfikasi Google Anda adalah 987xxx '.
Silahkan masukan kombinasi 6 angka tersebut di kolom yang sudah disediakan, kemudian klik tombol 'Lanjutkan'.
Baca juga : Cara daftar dan verifikasi Blog di Google Webmaster Tools.

Dengan ini akun Gmail Anda telah terverifikasi penuh dan sekarang Anda bebas menggunakan layanan surel dari Gmail dan buatlah komunikasi online menjadi lebih mudah dan efisien dengan Gmail. di era globalisasi seperti manfaatkanlah email sebaik mungkin, dan dengan gmail Anda juga bisa membuat Blog gratis di Blogger.

Nah bagaimana mudah bukan? saya rasa Anda semua pasti bisa, karena sudah banyak pula situs-situs lain yang membahas artikel tentang cara membuat akun Gmail termasuk BisoNET. bagi Anda yang masih bingung tentang tutorial diatas silahkan manfaatkan kolom komentar dibawah untuk bertanya.
Terima kasih dan Semoga berhasil !

( Baca Juga : Cara Mudah Membuat Akun Facebook )
4 Komentar untuk "Cara Terbaru Membuat Akun Gmail Lengkap"

thanks inpo nya sangat membantu salam knl http://injectterkini.blogspot.com

iya gan saya paling suka sama email google

jika masih ada yang butuh info tentang email google silahkan lihat blog saya ini;
http://playblogmie.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-email-google-gmail-terbaru.html

semoga bisa membantu

Silahkan Berkomentar, namun hargai Blog ini dengan cara :
1. Berkomentar yang relevan sesuai dengan topik diatas.
2. Jangan pernah menyisipkan Link Aktif karena dianggap SPAM.
Terima kasih atas pengertianya dan telah berkunjung!

Back To Top